Gelar Rakerda VII, Ketua Dekranasda Hj Nawal Lubis Apresiasi IWAPI Sumut

by -6 views
Pelaksanaan rapat kerja daerah (Rakerda) ke-VII Tahun 2022 Dewan Pimpin Daerah (DPD) Ikatan wanita pengusaha Indonesia (IWAPI) bertempat di Aula T Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Sudirman No 41 Medan, Selasa (6/9/2022).

MEDANBERITA.ID – Pelaksanaan rapat kerja daerah (Rakerda) VII Tahun 2022 Dewan Pimpin Daerah (DPD) Ikatan wanita pengusaha Indonesia (IWAPI) bertempat di aula T Rizal Nurdint rumah dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Sudirman No 41 Medan, Selasa (6/9/2022) berlangsung sukses.

Dengan berkolaborasi antara IWAPI Sumut bersama organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sumut, kiranya dapat mendukung terwujudnya Sumatera Utara yang Bermartabat.

Hal tersebut tegas disampaikan Ketua DPD IWAPI Hj. Rosna Nurlaily didampingi,
Ketua SC Ade Sandra Purba, Ketua OC Hj Purnama Dewi, Sekretaris OC Hj Zuraidah Ghina yang memparkan bahwa Rakerda ke-VII yang digelar merupakan bagian dari amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IWAPI serta diisi sejumlab rangkaian kegiatan serta program kerja yang sangat berkualitas ditengah kebangkitan usai masa pandemi.

Dimana, dalam rangkaian kegiatan Ranperda ini, selain diikuti dari 110 peserta yang terdiri dari pengurus DPD IWAPI Sumut, Depicab IWAPI juga diikuti sejumlah OPD Pemprovsu serta nantinya akan langsung melaksanakan memorendum of understanding (MOU)

“Berlandaskan thema : peningkatan peran serta IWAPI Sumut menciptakan dunia usaha yang kreatif, inovatif, inklusif dan kolaboratif menuju Sumatera Utara yang maju dan bermartabat, Rankerda Ke-VII diharapkan awal kebangkitan dimasa pemulihan usai masa pandemi” ujar Ketua DPD IWAPi Sumut HJ Rosna Nurlaily.

Tak hanya itu, lanjut Hj Rosna Nurlaily memaparkan, Rankerda IWAPI memang setiap tahunnya dilaksanakan.

Dimana pada tahun-tahun sebelumnya pelaksananya sekaligus merancang program-program kerja untuk yang akan datang, pada tahun ini ada pelatihan keorganisasian oleh DPP IWAPI Pusat serta pameran hasil UMKM Binaan IWAPI Sumatera Utara.

“Dari hasil Rankerda tahun ini, ada 5 poin utama yang menjadi fokus utama serta menjadi target pelaksanan kedepannya” Jelas Hj Rosna Nurlaily.

Adapun 5 program utama itu, diantaranya pertama, menciptkan perempuan-perempuan wirausaha yang mandiri secara ekonomi dan bermanfaat untuk kehidupan bermasyrakat.

Kedua, mengobarkan semangat wiraussha dan konsisten untuk memberdayakan perempuan Indonesia khususnya di Provinsi Sumut..

“Ketiga, merencanakan dan merancang program -program yang bermanfaat dalam membangun ketahanan ekonomi keluarga menuju Sumut Bermartanat dan Indonesia Maju” Tegas Hj Rosna Nurlaily lagi.

Kemudian, ungkap Hj Rosna Nurlaily lagi, pada poin ke empat membantu pengembangan UMKM dengan meningkatkan kreatifitas melalui pelatihan keterampilan, manajemen dan perbaikan akses financial, teknologi serta jaringan bisnis. Dan yang terakhir, berkolaborasi dengan pemerintah untuk membangun saya saing ekonomi Sumatera Utara.

Pantauan dilokasi acara, selain tampak sejumlah OPD Pemprovsu, Ketua PKK dan juga Ketua Dekranasda Sumut Hj Nawal Lubis juga menghadiri serta mengapresiasi acara Rankerda DPD IWAPI Sumut Ke-VII.

(mber01/medanberita.id)