Workshop Standarisasi Media Cetak, SPS akan Data Ulang Media Cetak yang Masih Terbit di Sumut

by -1 views

MEDANBERITA.ID – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan kegiatan Workshop Standarisasi Media Cetak ini merupakan bentuk dari semangat media cetak untuk terus memperbaiki diri, tumbuh dan berkembang menjadi semakin profesional dan dicintai pembacanya.

Dengan demikian diharapkan dapat mewujudkan kemerdekaan Pers di Sumatera Utara, Pers yang bebas tapi tetap bertanggung jawab, mengedepankan kepentingan publik dan mematuhi ketentuan hukum yang berlaku. Oleh karenanya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat mengapresiasi dan mendukung digelarnya workshop ini.

Hal tersebut disampaikan Gubernur diwakili oleh Plt Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus saat memberikan sambutan sekaligus membuka Workshop Sosialisasi Sertifikasi Media Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Sumatera Utara, di Ball Room Lee Polonia Hotel & Convention Jl. Jenderal Sudirman No 14-18 Madras Hulu Kec. Medan Polonia – Medan, Sabtu (18/9/2022).

Lebih lanjut, Ilyas mengatakan Pers berperan penting menjadi pilar demokrasi negara, karena pers hadir untuk menyuguhkan informasi dan memberi ruang kepada publik serta senantiasa mengutamakan kepentingan publik. Sehingga Pers disebut sebagai kekuatan keempat dan menjadi pembanding kekuatan demokrasi lain seperti eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Ilyas yang juga mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Setdaprovsu ini mengingatkan bahwa seiring perkembangan era keterbukaan dan semakin canggihnya teknologi, mengakibatkan masyarakat saat ini, tidak hanya menerima informasi dari pers, tetapi juga dari beragam platform media. Bahkan masyarakat tidak hanya menerima tapi juga memproduksi beragam informasi melalui media sosial.

Sehingga menurutnya kondisi tersebut menjadi tantangan bagi pers untuk bisa melakukan tranformasi dari model konten jurnalistik yang konvensional menjadi modern. Transformasi ini diharapkan tidak menghilangkan peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi bangsa.

Pers tetap diharapkan dapat menjadi tumpuan masyarakat dalam memperoleh informasi alternatif yang dapat dipercaya oleh karenanya media cetak harus mampu bertransformasi, jika tidak ingin ditinggal pembaca dan tertinggal zaman.

Pada akhir sambutannya Ilyas mengingatkan bahwa saat ini kondisi bangsa membutuhkan kehadiran kita akibat kenaikan harga BBM akan berdampak secara umum termasuk inflasi, kenaikan harga, tarif angkutan dan lainnya.

Pemerintah Pusat juga sudah berupaya dalam mengatasi inflasi ini baik melalui kebijakan fiskal, kebijakan moneter dan kebijakan non moneter dan non fiskal.

Begitu juga Pemerintah Daerah salah satunya melakukan optimalisasi fungsi komunikasi dan informasi publik untuk mengawal masyarakat tetap tenang, tidak panik, ini butuh bantuan media baik cetak maupun elektronik.

Sebelumnya Ketua SPS Sumut H. Farianda Putra Sinik sangat berterima kasih kepada Pemprovsu yang sangat mendukung kegiatan SPS Sumut Tahun 2022 ini dengan wujud Bantuan Hibah dari APBD Sumatera Utara Tahun Anggaran 2022.

“Dalam waktu dekat ini, SPS Sumut akan melakukan verifikasi apakah media-media cetak masih terbit atau tidak lagi dan ini sangat penting untuk kepastian Perusahaan Surat Kabar,” ujar Farianda.

Masih dikatakan Farianda, akhir-akhir ini pemilik media cetak berperang dengan media sosial dan berita hoax, makanya SPS melakukan terobosan turun ke sekolah-sekolah mengajak guru dan siswa untuk kembali meningkatkan minat baca bagi semua pelajar kita khususnya di Sumatera Utara.

“Kita hidupkan dan terbitkan kembali semangat jurnalistik, kita hidupkan kembali semangat membaca sejak usia SD, SMP, SMA dan Masasiswa,” ajaknya.

Farianda menyebutkan, SPS Sumut pada tanggal 22 September 2022 akan mendatangkan dan menggelar kampanye membaca bagi pelajar di Sumut dengan menghadirkan seribuan pelajar bertempat di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman No. 41 medan,

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekjen SPS Pusat/Anggota Dewan Pers, Aswono Wikan, Penasehat SPS Cabang Sumut, M. Syahrir, Ketua PWI Cabang Sumut, Farianda Sinik, Ketua SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung, Ketua JMSI Sumut, Ryanto Aghly/Anto Geng, Ketua Panitia Workshop, Agus S. Lubis serta Pengelola dan awak Media Cetak dan Elektronik.

(mber01/medanberita.id)